Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Khasiat Dan Manfaat Dark Chocolate Untuk Kesehatan

Khasiat Dan Manfaat Dark Chocolate Untuk Kesehatan


Ternyata coklat hitam atau dark chocolate itu manfaatnya lebih bagus untuk kesehatan. Pada dark chocolate ditemukan memiliki sejumlah manfaat yang sehat. Sambil makan dark chocolate dapat memberikan manfaat bagi kesehatan yang akan dijelaskan di bawah nanti, ingat bahwa cokelat juga tinggi lemak, jadi gunakan FitDay untuk melacak kalori dan nutrisi saat Anda menuju tujuan penurunan berat badan atau diet.

Khasiat Dan Manfaat Dark Chocolate Untuk Kesehatan

Dark Chocolate Bagus Untuk Jantung Anda

Study menunjukkan bahwa makan sejumlah kecil cokelat hitam dua atau tiga kali setiap minggu dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda. Dark chocolate bisa meningkatkan aliran darah dan dapat membantu mencegah pembentukan gumpalan darah. Makan coklat hitam juga dapat mencegah arteriosclerosis (pengerasan pembuluh darah).

Dark Chocolate Bagus Untuk Otak Anda

Dark chocolate meningkatkan aliran darah ke otak serta jantung, sehingga dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif. Dark chocolate juga membantu mengurangi risiko stroke.

Dark chocolate juga mengandung beberapa senyawa kimia yang memiliki efek positif pada suasana hati Anda dan kesehatan kognitif.

Cokelat mengandung phenylethylamine (PEA) yaitu bahan kimia yang oleh otak Anda bisa menciptakan perasaan seperti sedang jatuh cinta. PEA mendorong otak Anda untuk melepaskan endorfin sehingga makan coklat hitam akan membuat Anda merasa lebih bahagia.


Dark chocolate juga mengandung kafein dan stimulan ringan namun dark chocolate mengandung kafein yang lebih sedikit daripada kopi. Sebuah bar cokelat hitam 1,5 ons mengandung 27 mg kafein, dibandingkan dengan 200 mg ditemukan di sebuah cangkir pada 8 ons kopi.

Dark Chocolate Membantu Kontrol Gula Darah

Dark chocolate bisa membantu menjaga pembuluh darah Anda sehat, sirkulasi darah tidak terganggu dan dapat untuk melindungi terhadap diabetes tipe 2.

Flavonoid dalam cokelat hitam juga membantu mengurangi resistensi insulin dengan membantu sel-sel Anda agar berfungsi secara normal dan kembali memberi kemampuan untuk insulin tubuh Anda secara efisien. Dark chocolate juga memiliki indeks glikemik rendah yang berarti tidak akan menyebabkan lonjakan besar dalam kadar gula darah.



Khasiat Dark Chocolate Untuk Kesehatan



Dark Chocolate Kaya Antioksidan

Dark chocolate sarat dengan antioksidan. Antioksidan membantu membebaskan tubuh Anda dari radikal bebas yang menyebabkan kerusakan oksidatif pada sel. Radikal bebas yang terlibat dalam proses penuaan dan dapat menjadi penyebab kanker, jadi dengan makan makanan yang kaya antioksidan seperti dark chocolate dapat melindungi Anda dari berbagai jenis kanker dan bisa memperlambat tanda-tanda penuaan.

Dark Chocolate Mengandung Theobromine

Dark chocolate mengandung theobromine yang telah terbukti untuk mengeraskan enamel gigi. Itu berarti bahwa dark chocolate tidak seperti kebanyakan permen lainnya seperti menurunkan resiko terkena gigi berlubang jika Anda berlatih menjaga kebersihan gigi yang tepat.

Theobromine juga merupakan stimulan ringan meskipun tidak sekuat kafein. Hal ini bagaimanapun bisa membantu untuk menekan batuk.

Dark Chocolate Tinggi Vitamin Dan Mineral

Dark chocolate mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang dapat mendukung kesehatan Anda. Dark chocolate mengandung beberapa vitamin dan mineral berikut dalam konsentrasi yang tinggi:
  • kalium
  • tembaga
  • magnesium
  • besi
Tembaga dan kalium yang terdapat dalam dark chocolate membantu mencegah terhadap stroke dan penyakit kardiovaskular. Zat besi dalam cokelat melindungi terhadap anemia, kekurangan zat besi dan magnesium dalam cokelat membantu mencegah diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. 
Itulah beberapa Khasiat Dan Manfaat Dark Chocolate Untuk Kesehatan.

2 comments for "Khasiat Dan Manfaat Dark Chocolate Untuk Kesehatan"

  1. Ternyata coklat itu banyak ya manfaat positif nya, lebih ngeh lagi setelah baca artikelnya, penjelasannya mendetil dan mudah dicerna. Oh ya kalo saya punya laptop coklat gitu pasti abis di cemilin kalo lagi bingung gak ada ide buat nulis hehe. Salam kenal ya, maaf lama kunjungan balik kesininya.

    ReplyDelete