Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peran Orang Tuaku Dalam Hidupku

Peran Orang Tuaku Dalam Hidupku

Peran Orang Tuaku Dalam Hidupku

Terima kasih aku ingin ucapkan kepada temanku Syifa, baru saja aku membaca entri dari blognya hingga aku terinspirasi ingin menulis entri yang berjudul peran orang tauku dalam hidupku ya sekalian curhat neh.

♥ Aku bangga karena orang tuaku adalah petani

Aku berasal dari keluarga seorang petani yang hidup di desa terpencil dan memang kehidupan keluargaku sangat sederhana. Tapi Alhamdulillah orang tuaku mempunyai sebidang tanah berupa sawah dan kebun, dengan begitu bisa untuk membantu pangan untuk kehidupan sehari-hari. Sawah yang panennya memang sudah rutin yaitu setiap tiga bulan sekali walau misalnya di musim kemarau tetap saja panen karena sawah orang tuaku berdekatan dengan sungai jadi air dari sungai dipakai untuk mengairi sawah. 

Selain sawah orang tuaku juga mempunyai kebun walau gak banyak dan di kebun itu ditanami pohon cengkeh, pohon kayu, pohon pisang, pohon petai, pohon kakao, pohon melinjau dan ada juga pohon durian malah ada pohon bambu juga, dll. Nah dari situlah orang tuaku mendapatkan rezeki walau untuk mendapatkan rezekinya mesti harus menunggu tanaman yang dihasilkan dari kebun berbuah. Terus apa yang membuatku bangga karena mempunyai orang tua petani?

Yang membuatku bangga karena dari kecil aku sudah biasa hidup susah, prihatin, mandiri dan mungkin beda dengan orang yang hidupnya kaya/atau mampu dan hidup di kota yang mungkin juga serba ada. Nah dari kecil aku sudah terdidik untuk hidup prihatin contohnya setiap aku pulang dari sekolah harus pergi ke ladang untuk mencari rumput karena ortuku juga memelihara kambing atau mencari kayu bakar, jujur orang tuaku memasak dengan menggunakan tungku hingga akhirnya aku juga yang membelikan kompor gas. 

Aku membelikan kompor gas untuk orang tuaku dan berfikir agar ortu gampang memasak tapi apa kenyatannya? kompor gasnya malah gak pernah dipakai dan tabung gas yang berisi 12kg setahun baru habis untuk digunakan, orang tuaku bilang apa "eman-eman nek nbendino masak ngganggo gas, duit kok mung diobong'' tolong di translate sendiri ya untuk teman-temanku yang tidak faham dengan arti Bahasa Jawa hehehe....Nah secara tidak langsung itu adalah pelajaran untuk irit/jimat karena betapa susahnya orang tuaku mencari uang, bahkan istilahnya uang RP.10 ribu misalnya itu bagi orang tuaku sangat berarti dan berharga sekali, dan dari situ juga aku bisa mengambil hikmahnya.


"I was never ashamed though
 I come from is from the village
 and
  have a parent farmers
 but I should always feel proud"
Peran Orang Tuaku Dalam Hidupku

♥ Orang tuaku adalah pe-motivasi-ku

Kehidupan orang tuaku yang sederhana telah memberiku motivasi untuk lebih maju, dengan penuh semangat. Aku juga kagum dengan ortuku sendiri dalam perannya mendidikku dari kecil memang dari kecil aku sudah diajari mandiri, diajari hidup prihatin, sejak sekolah menengah aku sudah kost....dan aku selalu punya impian...ingin meraih impian dan jalannya memang gak mudah karena ada saja cobaan dan rintangan, tapi Alhamdulillah aku selalu bisa untuk menghadapinya.

♥ Orang tuaku tidak pernah meminta apa-apa dariku

Maksudnya apa? ortuku saat dalam kesusahan tidak pernah minta uang aku tapi mereka selalu mencari jalan sendiri. Tapi aku juga selalu memberi sedikit uang yang aku mampu, saat aku mampu dan itu memang keluar dari pikiranku sendiri. Saat aku mempunyai uang aku hanya terpikir ortuku untuk memberi sedikit kepada mereka. 

Yang jelas rasa ingin selalu balas budi memang selalu terpikir olehku sampai kapanpun....tanpa batas waktu, dan kulakukan dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan. Terpikir olehku juga untuk membantu meringankan beban mereka, dan aku harus bisa.

♥ Apa yang selalu kuraih tidak lepas dari doa ortuku

Yang kuraih itu apa? ya ambil contoh saja dari aku kecil saat sekolah kalau aku bisa meraih prestasi nilai ujian yang bagus itu karena berkat doa dari ortuku, saat aku dapat ranking terdepan dalam kelas misalnya. Sampai saat ini aku sudah bisa mendapatkan uang sendiri, sudah tidak uang minta ortu lagi, dan semua keberhasilanku juga tidak lepas dari doa orang tuaku, mereka adalah segalanya. 

Aku juga selalu mendoakan orang tuaku dan sebaliknya karena setiap orang tua pasti mengharapkan yang terbaik untuk anaknya, dan sebaliknya kewajiban anak juga harus memberikan yang terbaik untuk orang tuanya. Orang tuaku juga yang selalu bisa memahami aku, mengerti aku, dan penasehat terbaik, support terbaik dalam hidupku. Itulah Peran Orang Tuaku Dalam Hidupku.