Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hari Buruh Internasional Labour Day

Hari Buruh Internasional Labour Day


Google dalam menyambut Hari Buruh Internasional atau Labour Day setiap tanggal 1 Mei menampilkan Doodle avatar-nya seperti pada gambar di atas dan gambar tersebut dikembangkan dalam Avatar yang mengekspresikan Celebrates Labour Day, terdiri dari karakter huruf G dimana terlihat seorang gadis duduk di depan sebuah komputer dan karakter 00 mewakili 2 buruh yang sedang bekerja di sebuah konstruksi dan karakter G untuk helikopter dan sebuah tangga kayu dan karakter L seperti briks dan huruf E merupakan gambaran orang yang sedang memperbaiki transmitter. 

Sejarah May Day

May Day mungkin mempunyai arti tersendiri bagi kebanyakan orang tapi secara etimologis itu adalah homophone panggilan Internasional untuk mencari bantuan. Bisa diartikan sebagai imperatif dalam bahasa Perancis 'M'aidez' yang artinya 'Bantu aku!' dan oleh kebanyakan orang dijadikan sebagai hari libur. Hal tersebut juga dikenal oleh dunia sebagai Beltane dan dinyatakan dalam kalender sebagai salah satu hari libur utama. Beltane adalah hari api commemorating Bel atau Belenos, matahari dewa Celtic.

Dalam bahasa Irlandia modern kata Bealtaine adalah nama untuk bulan Mei.  Di awal Anglo-Saxon mereka mulai merayakannya pada malam sebelumnya, pesta akhir musim dingin dan pada musim tanam yang pertama. Itu adalah waktu pesta pora yang disertai dengan lagu dari Camelot musik ''It’s May, it’s May, the lusty month of May'' juga diadakan pemilihan ''May Queen and the ribbons of the Maypole''. Pada perayaan tersebut juga disertai kebangkitan vegetasi adat Romawi dengan cara mengunjungi gua dari Egena untuk menghormati orang-orang Roma kuno yaitu 'Flora, dewi bunga dan musim semi'.

Hari Buruh Internasional Labour Day


Pada tahun 1886 itu dijadikan sebagai Hari Buruh Internasional untuk merayakan gerakan hari kerja 8 jam, menyusul pemogokan nasional di AS dan Kanada. Kemudian pada tahun 1889 di Perancis dinyatakan bahwa tanggal 1 Mei adalah Hari Buruh Internasional dan dijadikan sebagai hari libur. Di  Beberapa Negara juga menganggap May Day adalah hari libur dengan pernyataan, ''ini  adalah Hari Buruh/Labor Day'' dan dinyatakan sebagai hari libur dalam kalender.

Kadang tanggal 1 Mei dijadikan Hari Doa Nasional di AS juga merupakan hari doa non-sektarian yang terjadi pada hari yang berbeda, biasanya sekitar awal bulan Mei. Kalau mengingat kembali tahun 1775 ketika hari pertama diadakan doa yang dideklarasikan saat Kongres Continental itu juga ditetapkan sebagai waktu untuk berdoa dalam membentuk negara baru.

Presiden Lincoln mengumumkan bahwa itu juga sebagai ''a day of humiliation, fasting, and prayer'' di tahun 1863. Pada tahun 1952 sebuah resolusi bersama dari Kongres yang ditandatangani oleh Presiden Truman menyatakan bahwa hari itu dinyatakan sebagai hari doa nasional. Pada tahun 1988 hukum itu diubah dan ditandatangani oleh Presiden Reagan yang secara permanen penetapannya yaitu pada hari Kamis pertama setiap bulan Mei.

Kesimpulannya adalah bahwa untuk kebanyakan orang di seluruh dunia 'May Day' dijadikan sebagai festival, hari libur juga hari doa dan untuk setiap orang pasti mempunyai pendapat dan pandangan yang berbeda Happy Labour Day, Selamat merayakan Hari Buruh Internasional Labour Day.

14 comments for "Hari Buruh Internasional Labour Day"

  1. Kunjungan Pagi happy Labour day mbak Alice salam dari jogja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama2,salam dari jogja juga,makasih atas kedatangannya kesini hehehe...

      Delete
  2. Info bermanfaat karena saya baru tau kalau hari ini hari Buruh internasional, sob. Terima kasih, sob.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tahunya tadi pagi ketika mbuka google,jadi tahu kalau hari ini hari buruh internasional, sama2 sob :D

      Delete
  3. berkunjung sambil ikut ngerayaain hari buruh nasional dimari

    ReplyDelete
  4. di Indonesia sih ikutan libur juga gag mba? kayaknya sepi2 aja May Daynya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. didini libur Syifa, barusan aku pulang dari mall ramai orang pada liburan :D

      Delete
  5. suka banget sama tampilan blog inii,sederhana tapi bagusss. thanks juga infonya yaaaaaa

    ReplyDelete
  6. Selamat Hari Buruh Alice...Apa sih rahasianya punya followers G+ yg banyak??hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. rajin G+ an nanti juga follower banyak, terus add saja teman yang sering nge share sesuatu yg informatif, gitu :D

      Delete