Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Khasiat bawang putih untuk kesehatan

khasiat bawang putih untuk kesehatan


Kembali lagi aku menuliskan entri tentang kesehatan yang judulnya khasiat bawang putih untuk kesehatan. Bawang putih dikenali sebagai bumbu masak yang menjadikan masakan jadi sedap, enak, dan juga bagus sekali manfaatnya bagi kesehatan  untuk mengurang dan mencegah penyakit.

Khasiat bawang putih untuk kesehatan

Bawang putih bisa untuk mencegah kenaikan berat badan atau bahkan bisa menurunkan berat badan.

Zat alicin yang terdapat dalam bawang putih bisa menghancurkan pembentukan darah yang beku dalam arteri, bisa mengurangi gajala penyakit diabetes dan stress atau tekanan.

Bawang putih juga berkhasiat untuk mengurangi stress dan kecemasan depresi.
Yang paling berkhasiat juga bahwa bawang putih bisa menghalang pertumbuhan sel kanker. Zat yang terdapat dalam bawang putih namanya SAMC (S-allylmercaptocysteine) yang fungsinya bisa menghalang pertumbuhan sel kanker. 

Artinya bahwa dengan selalu mengkonsumsi bawang putih, resiko terkena penyakit kanker akan menjadi berkurang. SAMC/S-allylcysteine adalah air derivatif bawang putih  yang larut, menekan pertumbuhan dan invasi androgen-independen kanker prostat.

khasiat bawang putih untuk kesehatan

Bisa menurunkan kadar kolesterol yang berlebihan di dalam tubuh. Kadar kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan proses penuaan dini. Bawang putih yang dikonsumsi secara rutin dalam jangka waktu tertentu bisa mengurangkan kadar kolesterol dalam tubuh terutama buat seseorang yang tubuhnya gemuk/kelebihan kolesterol. Terdapat juga zat anti kolesterol dalam bawang putih yang namanya ajoene yang fungsinya juga bisa untuk mencegah penggumpalan darah.

6 comments for "Khasiat bawang putih untuk kesehatan"

  1. saya kalau sakit gigi selalu mengobatinya dengan bawang putih ..hasilnya tokcer :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya bawang putih memang bisa juga untuk mengobati sakit gigi, betul tuh mas Hari :D

      Delete
  2. kalo bawang putih saya kurang suka, tapi banyak khasiatnya yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba sekarang dibiasakan untuk menyukai bawang putih pelan-pelan hehehe....yang penting jangan tidak suka sama sekali brother :D

      Delete