Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mudah agar anak-anak suka membaca

Cara mudah agar anak-anak suka membaca

Cara mudah agar anak-anak suka membaca

Buku merupakan suatu media yang penting dalam kehidupan manusia untuk sumber ilmu yang berhubungan dengan dunia dan juga akhirat yang dimulai dari kanak-kanak lagi. Mungkin pada awalnya agak susah untuk mengenalkan buku kepada anak-anak di awal usia sekolah. Peran buka untuk anak-anak adalah juga sebagai ungkapan kognitif, imajinasi atau untuk meluahkan perasaan, keinginan yang berhubungan dengan lingkungan mereka. 

Pada awal usia sekolah/kanak-kanak sangat penting sekali untuk mengenalkan buku terutama untuk orang tua terhadap anaknya hingga buku merupakan elemen penting yang menyenangkan/tidak memberi rasa bosan terhadap kanak-kanak. Di entri ini aku akan menuliskan tentang cara mudah agar anak-anak suka membaca, dan semoga bermanfaat buat anda.

Gambar buku yang besar dan menarik anak-anak

Pemilihan buku yang sesuai adalah sangat penting untuk memberi minat terhadap anak-anak. Anak-anak akan suka dengan ilustrasi yang besar dan menarik, bentuk ilustrasi itu seperti gambar binatang, gambar manusia, gambar buah-buahan, etc yang berbentuk besar. Atau acara tv kanak-kanak yang selalu/biasa dilihat akan mempengaruhi imajinasi mereka hingga akan mempengaruhi hati dan pikirannya juga untuk selalu bersama buku yang ada gambar besar dan menarik. 

Jadi intinya pilihlah buku yang mempunyai gambar besar dan menarik di dalamnya, yang ringkas dengan bahasa yang mudah difahami. Anak-anak akan dengan mudah menangkap sesuatu yang ringkas, jadi pilihlah buku yang sedikit jumlah halamannya.


Dengan membiasakan kanak-kanak untuk memegang buku

Sejak kecil biasakanlah untuk selalu memegang buku, luangkanlah sedikit waktu untuk bercerita tentang isi buku tersebut setiap hari. Gunakanlah bahasa yang mudah dan bisa difahami desertai dengan ekspresi tubuh yang menarik. Misalnya anak dalam usia setahun sampai dua tahun, agar mudah memahami buku yang kita bacakan harus ditunjukkan dengan ekspresi bahasa tubuh misalnya senyuman agar anak-anak semakin tertarik dengan buku yang dibacakan. 

Dengan cara seperti itu kanak-kanak persepsinya akan terbina sejak awal usia bahwa dari buku yang menarik dia akan merasa gembira. Jangan lupa juga berikan pujian apabila kanak-kanak dengan tepat menjawab isi buku yang sekali-sekali kita tanyakan karena ini akan mendorong  minat mereka agar gemar/suka membaca.


Tunjukkan rasa gembira dan kebersamaan

Dalam usia anak-anak memang membutuhkan pendidik untuk bercerita atau menjelaskan buku untuk menunjang pendidikannya sejak dini/awal. Jadi kita harus menunjukkan rasa gembira dan kebersamaan dalam menceritakan isi buku sehingga seakan-akan kita ada/terbawa dalam cerita dari buku tersebut. Yang namanya anak-anak memang suka dengan cerita, jadi jadikanlah buku untuk memberikan minat untuk membaca. 

Apabila dalam hati anak-anak sudah ada minat membaca itu adalah bagus, jadi jadikanlah buku sebagai aktivitas rutin bagi kanak-kanak untuk membacanya/kita bacakan dengan pemilihan buku yang menarik, tulisan yang jelas, gambar yang besar dan mendidik juga yang mudah difahami. Rutinitas yang dilakukan orang tua/pendidik untuk membiasakan membaca setiap hari itu akan memberi minat yang lebih, minat positif bagi kanak-kanak agar suka membaca.



Cara mudah agar anak-anak suka membaca



Itu tadi entri aku tentang cara mudah agar anak-anak suka membaca. Pendidikan yang pertama dimulai dari keluarga, jadi sudah menjadi kewajiban orang tua untuk mendidik, mengajar anak-anak nya dengan pendidikan yang positif yang akhirnya buku akan dijadikan sebagai sumber media, sumber ilmu. Jadi biasakanlah mendidik anak  untuk membaca sejak usia kanak-kanak.

2 comments for "Cara mudah agar anak-anak suka membaca"

  1. anak2 kecil memang suka membaca secara santai...

    http://www.noormalashahar.blogspot.com

    http://www.noormalashahar.com

    ReplyDelete