Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara bijak mencegah gangguan seksual

Cara bijak mencegah gangguan seksual



Cara bijak mencegah gangguan seksual

Yang namanya gangguan seksual memang tidak boleh dibiarkan begitu saja karena itu termasuk pelanggaran norma-norma agama atau norma sosial dalam kehidupan. Jadi tentu saja harus ditangani, dihindari dan juga dikendalikan.

Gangguan seksual bisa terjadi di tempat kerja atau dimanapun yang melibatkan tingkah laku yang berunsur seksual bisa berupa isyarat, tingkah laku, penghinaan, dll yang tidak bisa dikendalikan. Disini aku akan menuliskan tentang cara bijak mencegah gangguan seksual seperti di bawah ini:

Memakai pakaian yang sopan dimanapun berada apalagi di tempat kerja, kuliah atau sekolah. Selain itu harus juga bisa membedakan pakaian yang pantas dipakai atau tidak, sopan atau tidak dengan menyesuaikan keadaan dimana berada. Apabila bekerja atau di kantor kalau tidak ada seragam khusus ya harus berpakaian sopan dan profesional.

Apabila sedang berada di tempat kerja/kantor harusnya bekerja secara profesional artinya bisa membedakan antara urusan kerjaan dan urusan pribadi. Karena pasti terjadi juga dan ada contohnya tentang gangguan seksual di tempat kerja.

Apabila bekerja over time atau lembur jangan bekerja sendirian karena itu mungkin berbahaya dan apabila bekerja lembur harusnya ada teman yang bisa dipercaya apalagi kalau itu lawan jenis.

Sikap yang ramah atau friendship kadang bisa juga disalah artikan. Maksudnya sikap ramah dan bersahabat itu memang perlu tapi harus bisa menghindarkan gaya bicara yang menggoda misalnya gaya bicara yang manja atau genit.

Saat berada di sekolah, kampus atau saat berada di office/kantor, dll harus bisa menjaga batas-batas pergaulan. Berkelakuan sopan, berbicara sopan dengan teman, rekan kerja, atasan dan itu bukan berarti harus serius terus tapi apabila bergurau, berkomunikasi memang harus tahu batas-batasnya.

Itulah sedikit cara bijak mencegah gangguan seksual, sebelum terlanjur sebaiknya memang harus dicegah dulu. Gangguan seksual bukan hanya bisa terjadi terhadap perempuan saja atau lelaki saja tetapi bisa terjadi diantara keduanya.

Sebenarnya aku masih punya cara bijak yang lain tentang cara mencegah gangguan seksual tapi Insya Allah aku akan menuliskan di entri selanjudnya.

1 comment for "Cara bijak mencegah gangguan seksual"

  1. makasih infonya.
    kunjungi rumahku ya http://artikelnya-asmara-sakti.blogspot.com

    ReplyDelete