Menghargai Teman Baik

Menghargai teman baik

Simple banget judul yang aku tuliskan di atas 'menghargai teman baik' sedikit pengalaman hidupku saja. Aku jenis orang yang suka menghargai teman dan suka berteman dengan ikhlas, aku sekarang ini berada di LN dan andai ketemu dan kenal orang yang sama-sama se-Negara itu merasa lega banget apalagi kalau mereka baik.

Teman yang ikhlas dan tidak ikhlas
Tapi jujur aku mempunyai kekurangan dalam menilai teman, contohnya aku sudah berteman dengan seseorang yang dia kelihatan akrab di depan mata tapi aku masih tidak tahu dia itu ikhlas berteman denganku atau tidak dan baru menyadarinya kemudian hari. Kita tidak mungkin hidup di dunia ini seorang diri, saat kita merasa kesepian, butuh teman, butuh curhat kita memerlukan seseorang yang mau menghargai kita. 

Kalau kita mempunyai masalah, aku pernah mendengar pepatah begini ''mereka mau mendengarkan bukan karena peduli tapi hanya karena ingin tahu.'' Nah dari pepatah itu anda bisa menilai sendiri bahwa seseorang menjadi teman kita itu ikhlas apa enggak. Tapi menurutku yang penting kita instropeksi diri dulu, walau kita sebagai manusia memang ditakdirkan 'tidak sempurna' yang penting hati kita harus selalu bersih termasuk dalam berteman harusnya selalu ikhlas.

Bersosialisasi
Adakah anda semua sudah menemukan teman yang baik yang mau menerima segala kekurangan. Bersosialisasi itu merupakan fitrah kebutuhan manusia, jadi kita harus menyempurnakannya. Menjaga perasaan teman, menghargai teman, kadang ada orang yang masih tidak bisa melalukannya. Sebaiknya kalau teman kita melakukan suatu kesalahan harus menegur dengan cara yang sopan dan jangan kasar atau menyinggung perasaan, yang bisa diterima dengan akal/logika. 

Kalau menegur seseorang dengan cara yang kasar itu malah bisa membuat teman akan menjauhi kita karena orang yang normal pasti tak akan terlibat dengan dosa, gosip jadi lebih memilih diam dan menjauh. Merubah karakter seseorang itu kadang tidak mudah, contohnya karakter yang kasar atau karakter negatif yang lain yang apabila salah dia tidak menyadarinya, apalagi minta maaf atau orang bilang 'stubborn.' Jadi pengendalian emosi dan perasaan itu sangat penting pada diri seseorang, jangan hanya karena tidak bisa mengendalikan perasaan/emosi nanti akan menimbulkan kesan/akibat negatif terhadap diri-sendiri.

Menghargai teman baik

Landasan menghargai teman baik agar dihargai
Teman dan persahabatan yang baik waktunya bukan hanya sesaat disaat kita membutuhkan, tapi persahabatan yang kekal tanpa terpisahkan oleh sesuatu, saling menjaga dan menghargai. Sekali lagi yang namanya keikhlasan memang harus ada dalam bersahabat bukan hanya memikirkan manfaatnya, artinya apabila ada cobaan, kejadian yang menerpa sesama teman baik, kalau dalam persahabatan itu ada keikhlasan pasti semua masalah bisa diselesaikan. Dan kata kesimpulan dari semua tulisanku di atas bahwa:

'persahabatan yang tulus 
tidak bisa dicampur dengan ras, agama, bangsa, dll

 dimanapun berada, dan harus dilandasi 
dengan iman dan taqwa. 
Semakin besar ketaqwaan, keimanan seseorang itu 
akan membuat seseorang menghargai teman baik 
atau persahabatan, mari kita saling menghormati, 
saling menghargai dan menjadi teman yang baik.' 

Tolong kalau ada kekurangan atau tambahan, tuliskan saja di komen, saya akan sangat menghargai pendapat anda, thanks and take care.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

©2014-Personal Blog Pribadi-Design oleh Ananda Jogja