Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri khas budaya Yogyakarta

Ciri khas budaya Yogyakarta


Ciri khas budaya Yogyakarta

Kalau mendengar tentang Yogyakarta kebanyakan orang pasti ingat tentang budaya-budayanya, dan bisa juga dibilang bahwa Daerah Istimewa Yogyakarta adalah kota budaya. Ciri khas budaya Yogyakarta seperti batik, tari kreasi baru, wayang kulit, kethoprak, gamelan jawa, jathilan atau kuda lumping

Aku ingin mengingat dulu waktu masih sekolah pelajaran kesenian gamelan dan tari juga merupakan pelajaran ekstra pilihan. Dan aku juga malah mengikuti karawitan yang ada di desa, terdapat sanggar karawitan, tari di desaku, bahkan sejak sekolah SD aku sudah mulai belajar karawitan gamelan jawa dan tari kreasi baru bermacam gaya dilanjudkan belajar di SMP dan SMU.


Ciri khas budaya Yogyakarta


Dari gambar di atas ini jelas terlihat bahwa memang penduduk di Yogyakarta pada umumnya sejak Sekolah Dasar (SD) sudah ada pelajaran karawitan gamelan.


Ciri khas budaya Yogyakarta


Di gambar paling depan terlihat bonang dengan jelas, jadi ingat waktu sekolah dulu aku suka nabuh bonang hehehe...dalam belajar gamelan atau karawitan memang diharuskan menguasai setiap gamelan.


Ciri khas budaya Yogyakarta


Ini adalah salah satu tarian kreasi baru gaya Yogyakarta juga, dan di Jogja banyak juga sanggar kesenian dan siapapun boleh mengikutinya.

Di sanggar-sanggar kesenian Yogyakarta bukan saja belajar tarian khusus Jogja tapi juga belajar tarian dari daerah lain seperi tari bali, tarian sunda, tarian gaya solo, dll dan tiap musik gamelannya memang berdeda tetapi kalau gamelan gaya Jogja biasanya lebih halus.


Ciri khas budaya Yogyakarta


Ini adalah gambar wayang kulit, yang merupakan gaya budaya Yogyakarta. Pertunjukan wayang kulit biasa diadakan untuk menanggapi hari besar tertentu atau untuk tanggapan suatu event yang penting.





Ini adalah video salah satu tari kreasi baru gaya Yogyakarta namanya tari wira pertiwi, dan mari kita lestarikan budaya bangsa kita, jangan sampai budaya kita lama-kelamaan menjadi pupus. Ciri khas budaya Yogyakarta tentu masih banyak selain yang aku bagikan seperti gambar-gambar di atas yang maksudnya agar generasi muda sekarang tidak lupa terhadap budaya tradisional kita.

2 comments for "Ciri khas budaya Yogyakarta"

  1. kpengen k yogya tp blom ksampaian komen bck y

    ReplyDelete
  2. wah,,,indah nya budaya indonesia...keren ni blog..posting selalu ya...n bw juag

    ReplyDelete