Makanan Khas Yogyakarta

 Makanan Khas Yogyakarta

Apa kabar teman-teman semua? mungkin ada teman-teman yang berasal dari kota lain dan ingin berkunjung ke Jogja dan belum tau tentang makanan khas Yogyakarta, mari biar aku sharing disini ya....so kalau lihat profile ku di About me aku berasal dari Kulon Progo, Yogyakarta xD. Kalau makanan terkenal Jogja tentu banyak orang sudah tau dengan gudeg nya atau geplak, yangko, bakpia pathuk. Aku juga ingin share makanan yang unik-unik makanan dari pedesaan walau mungkin tidak semua bisa aku sebutkan karena aku sendiri asalnya dari desa:

Makanan khas dari singkong:

 Makanan Khas Yogyakarta
Thiwul yang baru dikukus, dibuat dari gaplek.

 Makanan Khas Yogyakarta
Thiwul yang dicampur parutan kelapa muda

 Makanan Khas Yogyakarta
Gathot, dibuat dari gaplek juga

 Makanan Khas Yogyakarta
 Growol yang dibuat dari singkong, merupakan makanan khas dari Kulon Progo

 Makanan Khas Yogyakarta
Ini adalah gaplek yang dibuat dari singkong yang dikupas, kemudian dikeringkan untuk bahan thiwul dan gathot.
 Makanan Khas Yogyakarta
Geblek dibuat dari singkong atau pati singkong bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional di Jogja, seperti pasar Nanggulan, Godean atau Kentheng Nanggulan, pasar Sentolo atau wates, dll. Biasa dimakan dengan tempe bacem atau tempe goreng debagai jodohnya xD.

 Makanan Khas Yogyakarta
Ini adalah gethuk tradisional yang dibuat dari singkong rebus kemudian dibebeg/dihancurkan/ditumbuk dicampur gula merah  hehehe...sampai bingung bikin kata-kata xD. Biasa dimakan dengan parutan kelapa muda.

 Makanan Khas Yogyakarta
Sengkulun yang dibuat dari paruran singkong juga dan dicampur parutan kelapa muda.

 Makanan Khas Yogyakarta
Klethik atau lanthing tradisional yang dibuat dari singkong.

 Makanan Khas Yogyakarta
Tape singkong

 Makanan Khas Yogyakarta
Ini adalah cemplon,terbuat dari parutan singkong, dikepal2 dan dalamnya ditaruh parutan gula, gak tau kalau di daerah lain namanya apa, mungkin beda.

Cirikas makanan Yogyakarta/Jogja:

 Makanan Khas Yogyakarta
Gudeg terbuat dari nangka/gori yang dimasak menggunakan bahan-bahan rempah-rempah tertentu cirikhas Jogja termasuk makanan khas Jogja yang terkenal.

 Makanan Khas Yogyakarta
Peyek welut, bisa ditemukan di seluruh pasar di Yogyakarta, atau di toko oleh-oleh tapi paling banyak dijual di pasar Godean, Sleman, Yogyakarta.

 Makanan Khas Yogyakarta
Bakpia Pathuk

 Makanan Khas Yogyakarta
Yangko

 Makanan Khas Yogyakarta
Geplak

 Makanan Khas Yogyakarta
Jadah yang dibuat dari beras ketan yang dikukus kemudian ditumbuk dengan parutan kelapa muda sampai bentuknya seperti itu, biasa dimakan dengan tempe bacem.

 Makanan Khas Yogyakarta
Tempe bacem cocok dimakan dengan geblek atau jadah bisa juga untuk lauk makan nasi.

 Makanan Khas Yogyakarta
 Jenang atau dodol yang dibuat dari tepung beras dicampur gula merah.

 Makanan Khas Yogyakarta
Tahu isi sayuran/tahu susur/tahu isi.

 Makanan Khas Yogyakarta
Wajik dubuat dari ketan yang dikukus kemudian dimasak dengan santan dicampur gula merah dan parutan kelapa.
 Makanan Khas Yogyakarta
Lemper terbuat dari beras ketan juga yang dikukus, dicampur santan kelapa, dimasak kemudian dibungkus pakai daun pisang, dalamnya diisi dengan abon.

 Makanan Khas Yogyakarta
Ini kalau orang Jogja menamakan, namanya adalah bakwan tapi kalau daerah lain mungkin namanya lain juga. Dibuat dari adonan tepung gandum yang dicampur dengan telur dan sayur-sayuran kemudian digoreng.

 Makanan Khas Yogyakarta

Tempe mendoan, cara membuatnya juga gampang, yaitu tempe diiris tipis/menurut selera kemudian digoreng dengan adonan tepung gandum+telur dan daun bawang atau seledri/menurut selera, plus bumbu-bumbunya. Jadi ingat dengan my entry yang berjudul cewek jogja pintar, maksudku biasanya kalau cewek jogja bisa membuat kue makanan seperti di atas xD.

Nah itulah makanan khas Yogyakarta yang aku tidak bisa menyebutkan semuanya, dan makanan kue diatas juga makanan kegemaranku. Seperti yang kita tau juga bahwa Yogyakarta terdiri dari 5 Kabupaten, so ini ada istilah yang dicipta orang Jogja yang berhubungan dengan makanan khas dari masing-masing kabupaten,''DIY serba serbi werno-werno, cirikhase ono limo cacah'e, Jogja gudheg-gudheg, Sleman salak geol-geol, Kulon Progo growol e aduh enake, Bantul geplak-geplak, Gunung Kidul gaplek-gaplek, kabeh-kabeh heee ono ajine.'' Itu adalah lagu ciri khas makanan Yogyakarta yang makanan di atas bisa ditemukan di pasar-pasar seluruh pelosok Yogyakarta, dan makanan di atas juga mungkin termasuk makanan khas orang jawa yang lain.

11 comments:

  1. Thiwul...makanan legendaris ini apa masih eksis skarang...??Sayang sekali klo sampai hilang termakan zaman....

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih ada mas di pasar2 jogja seperti pasar gorongan condong catur, di depan UPN veteran, atau pasar2 di jogja yang lain xD

      Delete
  2. Kalau dipikir banyak ragamnya ya makanan Indonesia, selamat mencoba

    ReplyDelete
  3. manteb banget tuh.. Indonesia bangga punya JOGJA :D

    ReplyDelete
  4. Waaaahhh.... ngeliatnya saja sudah ngileeerr begini, gimana kalo ada didepan mata yaa heuheu..., thanks ya sudah bikin saya gregetan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe....harus ke jogja kalau pingin melihat makanan2 di atas di depan mata :D iya2

      Delete
  5. wah jadi pengin pulang ke sentolo, ada yang kurang tempe benguk!!!!!! wk wk wk

    ReplyDelete
  6. Bakpia 25 enak tuh. Apalagi yang rasa coklat. Hehe

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

©2014-Personal Blog Pribadi-Design oleh Ananda Jogja