Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Susu Kedelai Dan Yogurt Untuk Penderita Laktose Intolerance/Alergi Susu


Susu Kedelai Dan Yogurt Untuk Penderita Laktose Intolerance/Alergi Susu
Dulu aku tidak tahu tentang maksud  Laktose intolerance itu apa, yaitu alergi meminum susu yang biasa terjadi pada anak usia balita gejalanya adalah perut kembung, sering buang angin, diare setelah mengkonsumsi produk yang mengandung laktosa seperti susu sapi. 

Penyebabnya adalah kekurangan enzim pencerna laktosa  pada usus kecilnya, sehingga susu tidak bisa dicerna dan menyebabkan gejala seperti itu. Yogurt, kalian suka makan yogurt tidak? kalau aku sih suka atau jus yang berdasarkan yogurt dengan berbagai macam rasa buahnya yang banyak dijual di supermarket, cobalah hehe..

SUSU KEDELAI



Laktosa itu terdapat dalam produk susu sapi, susu formula balita juga pasti mengandung laktosa. Kalau bayi lahir sampai umur 2 tahun konsumsi susu nya masih ASI (Air Susu Ibu). Tapi setelah itu kan harus minum susu lanjutan juga untuk perkembangan tulang, otak dan kebutuhan gizi, protein dan vitamin. 

Susu kedelai biasa digunakan untuk anak yang mengalami gejala laktose intolerance karena bebas dari laktosa. Alergi susu sapi disebabkan karena ketahanan imun terhadap susu sapi mengalami masalah. Itu akan menyerang saluran pencernakan, kulit atau pernafasan.

Nah makanya anak dianjurkan sejak kecil dibiasakan untuk minum susu kedelai. Lemak susu kedelai berasal dari minyak tumbuhan. Kandungan yang terdapat pada susu soya/kedelai adalah kandungan protein yang tinggi, penghasil sumber kalsium yang tinggi juga, vitamin D, zat besi dan fiber/serat yang tinggi. 

Disini kesimpulannya bahwa susu kedelai mengandung semua nutrisi penting yang diperlukan untuk perkembangan dan pertumbuhan balita dan bisa dijadikan sebagai pengganti untuk anak yang menderita laktose intolerance atau alergi terhadap susu sapi.

YOGURT


Yogurt selain rasanya enak juga banyak mengandung gizi yang baik untuk tubuh kita. Yogurt juga makanan yang rendah lemak dan kolesterol. Kandungan yang terdapat dalam yogurt adalah vitamin B12, kalsium, potasium seng, riboflavin, fosfor dan panthotenic acid. 

Yogurt selain banyak kandungan vitamin dan mineral juga dapat menstimulasi kekebalan sistim tubuh kita sekaligus bisa membunuh bakteri-bakteri jahat. Itu sudah melalui penelitian oleh para ahli-ahli kesehatan.

Terus mengapa yogurt bisa juga dikomsumsi oleh penderita laktose intolerance untuk anak yang tidak bisa mencerna laktosa dengan baik?  laktosa susu yang terdapat dalam yogurt sudah dipecah oleh bakteri baik lactobacillus bulgaricus melalui proses fermentasi sehingga mudah diserap oleh tubuh. Jadi dengan makan/minum yogurt anak tidak akan menderita diare.

Itulah penjelasanku tentang susu kedelai dan yogurt dan hubungannya dengan penderita laktose intolerance. Sebenarnya selain bisa dikonsumsi oleh anak-anak, yogurt dan susu kedelai juga merupakan makanan/minuman kegemaran remaja dan orang dewasa juga. Susu Kedelai Dan Yogurt Untuk Penderita Laktose Intolerance/Alergi Susu.


14 comments for "Susu Kedelai Dan Yogurt Untuk Penderita Laktose Intolerance/Alergi Susu"

  1. info bagus sob...
    sya jga alergi mnum susu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. o gitu ya,minum soya bean aja atau yogurt kan malah praktis,thanks ya xD

      Delete
  2. infonya bagus dan menarik saya jadi tahu
    terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama,makasih kunjungannya juga xD

      Delete
  3. aku malah gag suka susu kedelai. aneh rasanya hambar2 gimanaa gitu. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau Syifa gak suka susu kedelai yang penting suka minum susu hehe...iya emanglah ada yang gak suka susu soya juga xD

      Delete
  4. ASALAMUALAIKUM
    saya suka susu kedelai daripada yogurt
    sip banget karena saya termasuk tidak bisa minum susu sapi

    ReplyDelete
    Replies
    1. WA'ALAIKUMSALAM, mending susu kedelai nyarinya lebih mudah hehehe...saya juga lebih sering minum soya bean/susu kedelai daripada yogurt,kadang2 saja makan yogurt atau jus nya xD

      Delete
  5. kebetulan saya sangat suka dengan susu kedelai dan yogurt..hmm yummy :)

    ReplyDelete
  6. Susu kedelai lebih murah dan ane suka


    Kunjungan Perdana ke sini
    Di tunggu nie kunjungab
    dan komen baliknya makasi

    ReplyDelete
  7. selamat ikut kontes, artikelnya kren dan bermanfaat, thanks

    ReplyDelete