loveheaven07

Remaja dan tantangannya

Remaja dan tantangannya

Remaja dan tantangannya

Hmmm gak terasa neh sekarang udah tanggal 20 juli 2012. Sorry to all my friends aku pingin menulis santai  neh hehehe....kadang sebagai blogger nulis santai salah formal banget pun salah, trus harus bagaimana hehehe....yang penting sopan aja deh. Pagi ini tiba-tiba aku punya ide nulis entri tentang  remaja dan tantangannya. Remaja dan tantangannya, mengubah diri ''change'' demi kebaikan sesuatu yang positif. Aku pingin menguraikan beberapa tentang tantangan remaja seperti di bawah ini:


Tantangan Remaja
Kadang remaja ada yang terjebak di jalan yang gelap. Untuk menghadapi remaja yang seperti ini aku pikir mereka harus dibantu dari segi fisik dan mental. Apabila dinasehati dengan cara yang halus malah kelihatan kasihan karena remaja seperti itu sudah masuk dalam kategori remaja yang jahil. 

Kok jahil sih, maksudku remaja yang sudah terjebak di jalan yang gelap itu, mereka sudah tidak mempedulikan hal-hal yang dilarang agama. Pasti karena pemahaman terhadap agama juga kurang. Terus siapa yang harus mengambil peranan dalam hal ini? disamping orang tua, masyarakat juga harus mengambil peranan untuk mengembalikan mereka ke jalan yang benar.

Faktor Utama Yang Membuat Remaja Terjebak
Ya jelas sekali yang menyebabkan remaja terjebak adalah faktor agama. Mereka kekurangan ilmu tentang agama. Untuk yang muslim, mereka punya pegangan dan prinsip hidup sebagai seorang muslim tapi disini masih diragukan sekali apakah mereka masih mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari atau tidak. 

Masih diragukan juga apakah mereka tau untuk menjalankan ibadah atau hal-hal yang dituntut oleh agama atau tidak. Pendidikan itu dimulai dari keluarga, jadi kepedulian orang tua juga berperan penting. Berikan kasih sayang dengan mendengarkan keluhan mereka agar mereka merasa dihargai. Selain itu lingkungan juga berpengaruh. Apabila remaja merasakan tidak selesa berada di rumah biasanya remaja mencari penyelesaian yang lain untuk mendapatkan ketenangan.

Remaja Yang Sudah Terjebak Saat Di Bangku Sekolah
Usia muda seharusnya digunakan sebaik-baiknya dengan sesuatu yang bermanfaat bukan malah tepengaruh hal yang negatif. Tapi di jaman sekarang ini pasti gak mudah. Pendidikan seks di sekolah perlukah? perlu juga sebenarnya untuk menghindari gejala seks bebas. Yang penting dalam pendidikan ini diarahkan agar remaja menghargai anugerah yang diberikan oleh Allah. Sekali lagi pantauan dari orang tua juga penting sekali, tidak boleh lepas tangan. Kadang remaja tau tentang seks dari teman-teman mereka sendiri dan akhirnya terjebak.

Pengaruh Negatif Remaja Dari Dunia Hiburan
Ini juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan remaja terjebak ke hal negatif. Lihat saja misalnya dalam tayangan sinetron, film yang kebanyakan tidak memberi  sumbangan spiritual  terhadap remaja tapi malah sebaliknya. 

Pemerintah juga mungkin sudah menyensor hiburan yang menyesatkan tapi untuk membuang hiburan kepada remaja mungkin susah juga sebab hal itu mungkin sudah sehati dengan mereka malah dijadikan penyemangat kali. Jadi dalam hal ini harus diterapkan tentang sesuatu yang bernilai agama, nilai Islam misalnya dalam bentuk lagu-lagu, dll juga bisa yang penting sesuai dengan jiwa remaja.

Beberapa Solusi
Bagaimana untuk memberantas gejala negatif remaja? tentu saja harus dengan kegiatan keagamaan seperti pengajian, menerapkan nilai-nilai positif yang bertujuan agar remaja tidak khilaf. Kalau sudah terlanjur khilaf, mereka akan menyadari kekhilafannya dengan semboyan remaja yang bijak dan menjauhi hina. Peran masyarakat juga penting dan harus peduli, prihatin terhadap remaja di luar sana. 

Dengan menjadikan remaja sebagai bagian dari diri sendiri, anggap mereka sebagai anak-anak yang memerlukan perhatian dan teguran dengan penuh kasih sayang, inilah peran masyarakat yang juga sangat penting. Semoga dengan cara seperti itu bisa menghindari gejala negatif remaja sedikit demi sedikit. ''Kadang manusia walaupun kesasar jauh dari landasan itu bukanlah akhir hidup, masih banyak jalan untuk memperbaikinya dan berubah/change.'' 

11 comments:

  1. postingan yang bagus tentang remaja dan tantangannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semoga berguna, makasih atas kunjungannya kesini xD

      Delete
  2. Great Post! Check out my blog www.nessa-mae.blogspot.co.uk , I post random posts, including fashion, tv, music & books etc and I ALWAYS follow back, so follow me if you like :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes I am definitely coming to your site to see your bids, thank you also for visiting here Vanessa, greetings xD

      Delete
  3. hmm jadi ingat masa muda mbah, nih. Mbah Sering mengalami terjebak. padahal mbah juga suka menjebak. keep posting terus. postinganmu ini penuh ilmu psikologis. patut dibaca

    ReplyDelete
  4. Support sob.. :)
    Great post.. :)
    Visit back ya.. :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

©2014-Personal Blog Pribadi-Design oleh Ananda Jogja